virus mers cov waktu umrohVirus MERS Cov sedang mewabah di Arab Saudi. Virus yang menyerang pernafasan ini sudah mengena ratusan orang. Seorang WNI yang tinggal di Saudi meninggal dunia setelah terserang sakit ini. Karena itu, pihak Kemenkes mengeluarkan sejumlah himbauan.

“Dianjurkan menunda umroh atau haji tahun ini jika ada kondisi sebagai berikut: sakit kronis, daya tahan tubuh rendah, usia di atas 65 tahun (lansia), dan hamil dan anak (di bawah 12 tahun),” kata Menkes Nafsiah Mboi di Kemenko Kesra di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (5/5/2014).

Nafsiah menegaskan, soal penundaan ini sebatas himbauan saja. Kemenkes juga tidak mengeluarkan larangan kunjungan ke Saudi.”Belum ada travel warning/retriction, baru travel advice,” tegas dia.

Virus MERS CoV (Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus) yang muncul dan menyebar di Arab Saudi. MERS Cov sendiri disebabkan oleh infeksi virus Corona dan merupakan salah satu jenis virus yang masih berkerabat dengan virus penyebab SARS. Meski penularannya tidak secepat virus SARS, virus MERS ini dianggap lebih mematikan.

Belum ada vaksin khusus untuk pencegahan serangan virus MERS CoV ini, dan untuk sementara prinsip penanggulangannya adalah seperti yang disebutkan dalam konsep Global Health Security.

Cara cegah VIRUS MERS Cov saat umroh sementara : selain menghindari kontak erat dengan penderita atau dengan unta, beraktivitas menggunakan masker juga menjadi cara pencegahan utama.dan mandi sehari 4 kali Selain itu, masyarakat juga diimbau selalu menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang berpotensi terpapar virus ini lantaran jamaah umroh yang cenderung banyak.

Anda mungkin juga menyukai:

%d blogger menyukai ini: