jabal rahma

JABAL RAHMA

Bukit batu Padang Arafah, yang terletak sekitar 25 km sebelah Tenggara kota Mekkah. Di puncak bukit tersebut terdapat Tugu Putih yang dibangun untuk mengenang peristiwa penting bagi umat manusia yaitu pertemuan yang sangat mengharukan antara kedua nenek moyang manusia Nabi Adam AS dan Siti Hawa setelah turun dari surga dan dipisahkan selama 200 tahun.

Sampai saat ini, peristiwa ini masih diabadikan setiap tahun oleh Nabi Adam sendiri dan diteruskan oleh keturunannya sampai saat ini. Khususnya pada musim Haji, banyak Jama’ah yang menyempatkan diri untuk naik ke bukit ini disela-sela ibadah Wukufnya di Padang Arafah. Disini pula turunnya wahyu Allah yang terakhir kepada Rasulullah, yang beliau bacakan kepada jama’ahnya :

“Pada hari ini (saat Nabi berhaji Wada) orang-orang kafir telah putus asa (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut pada mereka dan taubatlah pada Allah. Pada hari ini telah Aku sempurnakan bagi kamu agamamu, dan telah Aku penuhi akan niklat-Ku, dan telah Aku relakan Islam jadi Agamamu”. (Surat Al Maidah Ayat 3)

Banyak di antara sahabat Nabi yang menangis saat mendengar wahyu itu. Mereka yakin bahwa tak lama lagi Rasulullah akan dipanggil Allah yang ternyata menjadi kenyataan.

Anda mungkin juga menyukai:

%d blogger menyukai ini: