jabal uhud

JABAL UHUD adalah tempat terjadinya Perang Uhud. Gunung ini disebut oleh Nabi adalah salah satu gunung yang ada di Surga maka barang siapa yang pernah melihatnya di Dunia InsyaAllah akan melihatnya di surga nanti. Jabal Uhud atau Gunung Uhud terletak di sebelah Barat laut Madinah, merupakan sebuah gunung batu hitam yang diselimuti oleh tanah kering.

Nabi Musa dan Nabi Harun pernah naik ke Gunung ini untuk melihat daerah yang akan menjadi tempat Nabi akhir zaman Muhammad SAW tinggal dan menyebarkan agama Tauhid.

PERANG UHUD

Pada bulan Syawal tahun 3 Hijriah datanglah pasukan kafir Quraisy menyerbu Madinah dengan kekuatan 3000 tentara, 200 kuda dan 15 wanita termasuk Hindun binti Utbah, dengan tujuan menuntut balas karena kekalahannya tahun lalu pada Perang Badar.

HAMZAH GUGUR

Terjadilah malapetaka itu dengan ganas dan dengan mudahnya pasukan Quraisy membantai 70 kaum Islam sekaligus. Satu diantaranya adalah Hamzah, paman Nabi, yang dibunuh khusus oleh Wahsy atas perintah Hindun binti Utbah yang melampiaskan dendamya secara keji karena membunuh suaminya pada perang sebelumnya. Hindun ingin menelan jantung Hamzah hidup-hidup. Wanita ganas tak berperi kemanusiaan itu berkali-kali mencoba menelan jantung itu tetapi gagal. Kemudian seperti orang gila dia bersyair menghujat Hamzah.

Komplek maqam 70 Syuhada Perang Uhud ini sekarang tampak polos dan tanpa batu nisan. Hanya sekelilingnya dipagar setinggi 1,75 m, dan dari pintu gerbangnya kita dapat melihat kedalam. Dibagian tengah terdapat tumpukan batu, dimana terbujur pahlawan Islam Hamzah RA, dan sejumlah putri serta sahabat lainnya. Pemimpin Islam sebenarnya sudah membangun tempat untuk berteduh yang berupa masjid, tetapi raja Saudi ibnu Saud, dibawah pengaruh Wahabiyah telah menghancurkan masjid-masjid itu pada tahun 1920-an.

Anda mungkin juga menyukai:

%d blogger menyukai ini: