Jamaah Umroh Gunting Kiswah MakahSUMBER BERITA 3 Maret 2014 : TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Scholars (ICIS), KH Hasyim Muzadi, menyayangkan ada satu dari jamaah umrah asal Indonesia membuat heboh di Masjidil Haram, Mekkah, lantaran tertangkap menggunting kain penutup kabah atau kiswah.

Jamaah Umroh Gunting Kiswah Makah

“Memang itu melanggar hukum. Tapi kedutaan kita di sana harus memberi advokasi bantuan hukum warga Indonesia yang ditangkap. Mereka memang tidak tahu, tapi hal itu melanggar hukum Saudi,” ujar KH Hasyim saat dihubungi Tribun di Jakarta, Senin (3/3/2014).

Mantan Ketua Umum PBNU ini menegaskan, secara syariah mengambil barang bukan haknya jelas dilarang dalam aturan agama. Apalagi, ini terbukti mengambil kiswah Kabah. Seharusnya jamaah memahamai hal tersebut.

“Ada larangan membawa barang alam dari Tanah Haram (sebutan untuk Kota Mekkah dan Madinah, red), seperti batu, tanah, apalagi kiswah. Bahkan air zamzam juga tidak boleh dibawa secara berlebihan,” tambah KH Hasyim.

Ia menyarankan agar agensi perjalanan dan pemandu jamaah umrah di Tanah Suci memberi pengertian soal larangan yang tidak boleh dilanggar. “Mereka harus memberikan pencerahan kepada anggotanya untuk menghormati hukum negara lain,” katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Jawatan Kepolisian Khusus Masjidil Haram, Jumat (28/2/2014) sore atau Sabtu (1/3/2014) lalu, melaporkan penangkapan salah satu jamaah umrah asal Pangkajene dan Kepulauan Pangkep, Sulawesi Selatan, karena melakukan tindak kriminal di Masjidil Haram.

Hj Nur Jannah binti Amiin (56) tertangkap tangan usai menggunting kiswah Kabah dekat Hijr Ismail, usai menunaikan salat Ashar, atau sekitar 10 jam sebelum terbang kembali ke Tanah Air.

“Ya, dia masih ditahan di Maktab Surtah (kantor polisi), sampai sekarang,” kata Abdal Madjid Azzain, petugas Muassasah Dallah Mekkah, Arab Saudi, usai menjalani pemeriksaan di kantor pusat polisi Haram, melalui sambungan telepon kepada Tribun Timur (Tribunnews.com Network) kemarin.

Madjid menyebutkan, kasus yang menimpa Nurjannah terbilang kejahatan tak biasa Jamaah Umroh Gunting Kiswah Makah. Ibu enam anak ini ditahan atas tuduhan dua kasus serius sekaligus, pencurian dan perusakan di Kompleks Masjidil Haram, Mekkah.  “Dia mencuri, dan merusak, bukti Kiswah dan gunting masih di polisi,” kata Madjed.

Diharapkan khususnya jamaah Gampang Umroh untuk tidak melakukan hal yang sama di waktu ibadah umroh di makah.

Anda mungkin juga menyukai:

%d blogger menyukai ini: