masjid nabawi

Nabawi adalah Masjid terbesar di dunia. Masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya dan kaum Muslimin di tengah kota Madinah. Pembangunannya dimulai pada bulan Rabiul Awal tahun 1 Hijriah (September 662 Masehi) segera setelah Beliau Hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Masjid Nabawi dibangun di atas tanah milik dua anak yatim Sahal dan Suhail yang dibeli dengan harga 10 dinar, dan ditambah tanah wakaf dari As’ad bin Zurarah serta tanah bekas makam kaum muslimin yang rusak. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Rasulullah dan selanjutnya dilanjutkan oleh para sahabat, yang dimulai dari Sayyidina Abu Bakar, Umar bin Khatab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abu Thalib.

Pada awalnya masjid ini sangat kecil, hanya seluas 1.050 m2. Tiang-tiang dan atapnya terbuat dari batang kurma, untuk penerangannya dari pelepah kurma yang dibakar. Banyak Jama’ah Haji datang ke kota ini bermaksud untuk melakukan shalat Arbain dan berziarah ke makam Nabi.

Shalat Arbain adalah shalat yang dikerjakan di Masjid Nabawi delapan hari atau empat puluh waktu Shalat secara berturut-turut. Shalat di Masjid Nabawi ini, lebih utama dari 1000 kali shalat di tempat lain. Sebagaimana sabda Rasulullah :

Shalat di masjidku lebih utama dari 1000 shalat di tempat lainnya, kecuali Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 kali shalat di tempat lainnya.”

Jama’ah yang shalat di Masjid Nabawi hendaknya melakukan ziarah ke makam Rasulullah, karena makam Rasulullah berada di dalam Masjid Nabawi. Disamping makam Rasulullah terdapat makam sahabat Beliau yaitu Abu Bakar Siddiq RA dan Umar bin Khatab. Masjid ini juga memiliki tempat mustajab untuk berdo’a bernama Raudhah. Beberapa koleksi berharga peniggalan Rasul seperti mimbar dan mihrab yang pernah dipakai Rasulullah masih terpelihara dengan baik.

  1. TERBESAR DIDUNIA
  2. SATU JUTA JAMA’AH
  3. KUBAH
  4. AC RAKSASA
  5. MENARA 104 METER
  6. 674 LAMPU KRISTAL
  7. 12 PAYUNG RAKSASA
  8. BASEMENT 73.500 m2
  9. PARKIR 4.500 MOBIL
  10. TANAH TERMAHAL

Anda mungkin juga menyukai:

%d blogger menyukai ini: