“Saya dan keluarga sudah punya cukup dana, tapi kami masih bingung. Harus haji dulu atau umroh dulu ya?” kata seorang Bapak, berpeci dan berpakaian batik dengan dahi berkerut.

Wah..! itu niat yang sangat mulia lho.  Memang bagi kebanyakan orang Haji dan umroh adalah ibadah yang di anggap “hampir sama,” kenapa? Ya..karena sama-sama “pergi ke Mekkah”(mengunjungi Baittullah).

Nah..berikut ini beberapa perbedaan Haji dan Umroh ya, semoga bisa menjadi pertimbangan anda.

“Klik DISINI untuk tahu macam macam ibadah haji”

Perbedaan umroh dan haji

Haji :

  1. Haji hukumnya wajib
  2. Haji mendapat gelar Haji
  3. Harus membayar Dam, jika melanggar manasik Haji
  4. Pelaksanaan dan urutan prosesi

Biasanya dilakukanpada saat bulan Syawal, Dzulqaidah, Dzulhijjah. Wuquf di Padang Arofah (9 Dzulhijah saat masuk dhuhur sampai terbit fajar tanggal 10 Dzulhijjah. Di lanjutkan Singgah di Muzdalifah lalu melontar jumrah.

Umroh :

  1. Umroh hukumnya sunnah muakkad
  2. Umroh tidak mendapat gelar
  3. Tidak harus membayar Dam
  4. Pelaksanaan dan urutan prosesi

Bisa dilaksanakan kapan saja kecuali pada waktu yang di makruhkan, Arofah(9 Dzulhijjah), hari nahar (10 Dzulhijjah), hari tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah). Yang tidak ada di umroh adalah : wuquf di arofah, singgah di muzdalifah, melontar jumrah.

Itu beberapa perbedaan antara Haji dan Umroh. Memang masih banyak perbedaan lainnya, tapi beberapa perbedaan dasar tersebut semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan dan pertimbangan anda ya..

Anda mungkin juga menyukai:

%d blogger menyukai ini: