Seiring dengan abad kebangkitan islam diseluruh dunia arus permintaan VISA untuk berkunjung ke MAKKAH dan MADINAH baik untuk ibadah HAJI atau ibadah UMROH sejak 1 Dasawarsa belakangan ini semakin meningkat.

  • Prosedur Umroh Atau Haji

Adapun tata cara melaksanakan ibdaha haji/umroh adalah serupa dengan prosesdur berkunjung ke suatu Negara tertentu di seluruh dunia, Pertama –tama Anda tentu harus mengurus cap VISA yaitu izin masuk yang diterakan di buku paspor. Visa sendiri bisa didapat  di Perwakilan Kerajaan Arab Saudi yaitu dikantor-kantor Duta Besar, Konsul, atau Atase yang hampir tersebar di seluruh dunia.

Bagi jamaah Haji atau Umroh asal Negara mayoritas Islam seprti Indonesia tidak perlu repot untuk mengurus sendiri karena agen biro travel perjalanan umroh/haji akan mengurus keseluruhan izin dan dokumen yang disyaratkan oleh Negara Arab Saudi.

Tentang tata cara Umroh/haji disarankan untuk membaca tata cara Umroh Atau Haji Rasululloh Muhammad SAW, Jika mendaftar di Travel Perjalan Umroh atau Haji PT.Madina Prima Indonesia sudah tersedia bukunya dengan karangan Ustd Yusuf Mansur.

  • Kronologi Ibadah Haji Atau Umroh

Pelaksanaan ibadah haji atau umroh senantiasa ditandai oleh “Pakaian Ihram” yang pemakaianya dimulai ketika jamaah elintasi dibatas Miqat, Artinya sebelum melangkah ke Ka`bah untuk tujuan tawaf, jamaah harus berangkat ke batas Miqat umumnya di Masjid Bir Ali yaitu batas terdekat dari makkah dari kota madinah, Disinilah jamaah sholat Ihram 2 rakaat kemudian melafalkan niat umroh atau haji, selama dalam perjalanan menuju makkah, jamaah dianjurkan membaca Talbiyah sebanyak-banyaknya :

Labbaik Allahumma Labbaik,

Labbaik laa syarikka laka labbaik,

Innal haamda wanni`mata laka wal mulk,

Laa syariika laka.

Artinya :

Aku datang memenuhi panggilan-mu ya Allah, Aku datang memenuhi panggilan-mu, Tidak ada sekutu bagi-NYA, ya Allah aku penuhi panggilan-MU, Sesungguhnya segala puji dan Kebesaran untuk-MU semata-mata . Segenap kerajaan untuk-MU, Tidak ada sekutu bagi-MU.

Dan mebaca sholawat :

 Allahumma Shalil`ala Muhammad wa`ala aali Muhammad

 Artinya :

Ya Allah, Limpahkan shalawat-MU kepada Muhamad dan keluarga-Nya.

 Dan berdoalah sebanyak-banyaknya  setibanya di Makkah , jamaah dapat bersegera ke masjidil Haram untuk memulai Ibadah Umroh yaitu Tawaf, Sa`i, dan  Tahallul.

  • Tawaf adalah prosesi mengelilingi Ka`bah sebanyak 7 kali putaran.
  • Sa`I adalah berjalan hilir mudik antara Safa dan Marwah sebanyak 7 kali bolak balik.
  • Tahallul adalah menggunting beberapa helai rambut sebagai tanda sa`i telah dilaksanakan.

Dengan ketiga ritual Tawaf, Sa`I, dan Tahallul maka apa yang dimaksud dengan Ibadah Umroh telah selesai pelaksanaannya.

Anda mungkin juga menyukai:

%d blogger menyukai ini: